Tips Simple Membuat Foto Instagrammable

Hampir setiap jam, Instagram (IG) di update dengan foto yang diunggah oleh para penggunanya. Foto tersimpan di Instagram mungkin ada yang bagus dan sempurna, boleh ada yang biasa dan ada juga yang terlihat kurang berkualitas. Foto yang sempurna adalah foto yang memiliki komposisi pencahayaan, warna, dan suasana atmosfir yang baik.

Tips Simple Membuat Foto Instagrammable

Untuk membuat sebuah postingan yang menampilkan foto yang instagrammable, berikut ini adalah tips mudah dan simple mempercantik foto ala profesional yang sebenarnya tidaklah ribet atau sulit.

Elemen foto yang bagus

Untuk membuat feeds yang rapi kita harus memiliki banyak stock foto dengan kualitas yang bagus pula. Mulai dari kualitas gambar, angle foto, dan pencahayaan.

Kulitas foto yang tinggi yang akan membuat foto kita tetap tajam setelah melewati beberapa tahapan editing. Istilahnya, foto kita akan tetap tahan banting setelah di edit sana-sini yang seringkali bisa menurunkan kualitas gambar.

Komposisi foto yang pas

Komposisi foto adalah bagian dari elemen foto yang akan kita bahas lebih rinci. Komposisi akan membuat foto lebih dinamis. Memang, tidak ada batasan untuk menggunakan komposisi yang semputna. Tapi, untuk membuat komposisi foto yang pas kita perlu banyak melatih “intuisi”. Taste dalam fotografi harus dipancing keluar.

Sederhananya, kita perlu tahu bagian mana yang ingin dilihat semua orang. Bagian yang ingin ditonjolkan, alias bagian yang ingin menjadi pusat perhatian. Buat foto lebih presisi atau simetris.

Menggunakan filter foto

Filter merupakan bagian paling penting yang wajib digunakan. Ada beberapa aplikasi tambahan yang menyediakan beragam filter seperti VSCO Cam dan Facetune atau Snapseed untuk mengatur contrast, brightness, dan temperature foto.

Tidak hanya memainkan brightness, contrass, dan saturation, gunakan tools healing pada bagian yang menurut kita harus dihilangkan atau tool lain untuk membuat foto lebih sempurna.

Jangan mengedit foto berlebihan

Jangan pernah berlebihan saat mengedit foto, atau memberi warna karena dapat mengubah keaslian dari objek itu sendiri dan menurunkan kualitas foto.

Manfaatkan basic enhancement tools, seperti contrast, shadows, warmth, dan highlights dalam editing secukupnya. Meskipun ini fitur dasar, meningkatkan salah satu aspek, seperti kontras berlebih, akan mengakibatkan foto tak sedap dipandang.Tetap seimbangkan satu aspek dengan yang lainnya pada pengaturan ini.

Gunakan aplikasi preview untuk mengunggah

Setelah foto siap diunggah, gunakan bantuan aplikasi preview sebelum benar-benar di posting ke Instagram. Rencakan feeds konten kita dengan menaruhnya disebuah aplikasi seperti Un Um dan Preview Instagram.

Itulah tips simple membuat foto yang instagrammable, paling penting dari semua tahapan tersebut di atas adalah latihan. Untuk mengasah kemampuan penjepretan, ambil beberapa gambar dengan satu objek yang yang sama namun melalui beberapa angle berbeda. Dari situ nanti akan terlihat, foto dari sisi mana yang enak dipandang, dan memiliki komposisi yang seimbang bak fotografer profesional.
Comment