Tips Memotret Panorama Dengan Kamera Smartphone

Smartphone sudah menjadi kebutuhan dan gadget yang paling populer saat ini. Selain praktis, kecanggihan fitur-fitur yang dibawanya memang sangat bermanfaat. Salah satu fitur brmanfaat adalah teknologi kameranya. Tanpa perlu kamera digital atau DSLR, smartphone bisa menghasilkan gambar yang berkualitas.

Saat ini kamera dari smartphone memiliki fitur bawaan yang beragam yang memudahkan penggunanya dalam mengambil foto dengan berbagai cara. Salah satu fitur bawaan yang menarik dari kamera smartphone adalah foto panorama.

Foto panorama merupakan foto yang dihasilkan dari penggabung beberapa gambar untuk membentuk hasil foto yang lebar memanjang. Biasanya foto panorama ini digunakan pada saat kita ingin mengambil gambar pemandangan atau keseluruhan area.

Tips Memotret Panorama Dengan Kamera Smartphone

Berikut adalah tips memotret panorama dengan kamera smartphone

Perhatikan pencahayaan

Sebaiknya melihat area yang tepat sebelum mengambil foto. Kondisi cahaya yang berubah-ubah tidak kondusif, karena akan menyebabkan gambar yang dihasilkan kurang baik. Sebisa mungkin hindari posisi menantang arah cahaya matahari (matahari di depan kamera).

Hindari mengambil foto panorama saat berada di dalam ruangan yang kurang cahaya. Sebab rata-rata pengukur cahaya di smartphone biasanya kesulitan menentukan nilai terbaik dari tingkat kecerahan obyek.

Stabilkan Posisi Smartphone (tidak bergerak-gerak)

Satu hal yang paling sering dilupakan saat mengambil foto panorama adalah posisi kamera. Idealnya, saat kita menggerakkan kamera, posisi sumbu lensa harus tetap sama. Jadi, saat mengambil panorama, "kunci" sumbu lensa agar tidak banyak berubah atau bergeser dari tempatnya.

Biasanya aplikasi bawaan kamera smartphone akan memberikan panduan dalam menggeser smartphone dari kiri ke kanan agar mendapatkan hasil gambar yang baik. Ketika pergeseran ini sebaiknya pembaca melakukan pergerakan secara perlahan agar menghasilkan foto yang tidak blur.

Hindari Subjek Bergerak

Subjek yang bergerak entah mengikuti arah kamera atau berlawanan memang akan sangat mengganggu ketika akan mengambil foto panorama, maka dari itu perhatikan gerakan subyek foto Pastikan juga bahwa subjek di sekitar area yang akan diambilnya fotonya tidak dapat bergerak dengan cepat agar tidak merusak hasil foto panorama yang diambil.

Gunakan Aplikasi Foto Panorama

Untuk hasil maksimal gunakan aplikasi bawaan dari smartphone tersebut, karena biasanya vendor pembuat smartphone sudah menyesuaikan aplikasinya dengan kemampuan hardware yang dimiliki kamera. Jadi, hasilnya bisa lebih optimal. Jika ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga sebaikanya gunakan yang sesuai dengan kebutuhan fotografi (dalam hal ini panorama).

Rekomendasi dari editfotoline bisa menggunakan aplikasi seperti Google Camera, ASUS PixelMaster, DMD Panorama, PanoStitch, InSwipe, HD Panorama atau TeliportMe Panorama 360