Cara Sederhana Memastikan Kebenaran Foto Hoax atau Bukan

Dunia Internet sudah semakin berkembang sangat pesat dan hampir bisa dijangkau oleh daerah-daerah pelosok sekalipun. Hal tersebut tentu saja sangat bermanfaat untuk siapa saja yang ingin mengetahui segala sesuatu melalui media online.

Namun Informasi yang beredar di internet tidak selamanya benar, termasuk masalah foto juga bisa benar bisa juga bohong alias hoax.

Cara memastikan kebenaran sebuah foto yang beredar di internet terutama di jejaring sosial media sebenarnya sangat mudah sekali, cukup dengan menggunakan google search image maka bisa kita peroleh informasi darimana foto tersebut awal atau asalnya diunggah.

Contoh: misalnya ada berita terjadi gempa bumi diwilayah Indonesia yang parah, kabar tersebut melampirkan foto seperti dibawah ini:

Cara Sederhana Memastikan Kebenaran Foto Hoax atau Bukan
Untuk memastikan apakah benar foto di atas itu adalah gempa bumi di Indonesia, cara sederhana dan cepat adalah dengan menelusurinya melalui google image.

Pertama save foto yang akan kita telusuri tersebut, kemudia buka halaman Google Image https://www.google.co.id/imghp - lalu upload kembali foto yang akan ditelusuri tersebut ke halaman google image.

penelusuran foto google

Upload foto yang sudah disave tadi, klik ikon gambar foto seperti di atas - lalu pilih upload gambar.

upload foto ke google


Hasilnya google akan menampilkan darimana foto tersebut berada, dan situs mana saja yang sudah menggunakan foto tersebut.

hasil penelusuran foto

Nah ternyata foto tersebut bukanlah foto gempa di Indonesia melainkan di Papua New Guinea. Cukup mudah dan sederhana bukan.... Cara di atas juga bisa dilakukan untuk mengetahui foto profile pengguna media sosial, kadang-kadang banyak orang menggunakan foto palsu sebagai foto profile mereka di jejaring sosial.

Namun untuk foto profile kadang-kadang tidak ditemukan di halaman pencarian google, hal itu bisa dikarenakan foto diambil dari situs atau website yang sudah memasang enksipsi foto, secara otomatis tidak akan terdeteksi oleh mesin pencarian seperti google, bing, yandex dan lainnya.

Jika tidak ditemukan melalui halaman mesin pencarian google, cara lainnya adalah mengidentifikasi lebih detail lagi untuk memastikan apakah foto tersebut asli atau palsu.
Caranya bisa dilihat di artikel yang sebelumnya sudah dishare disini: Cara Mudah Mengetahui Foto Asli Atau Palsu (Editan)