Aplikasi Foto Editor Yang Bisa Menunjang Fotografi Smartphone

Seperti yang sudah diketahui sekarang ini banyak bermunculan smartphone yang menawarkan fitur kamera dengan kualitas yang sangat baik. Resolusi kamera yang tinggi hingga fitur AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan mampu menghasilkan foto menjadi lebih sempurna bahkan tidak kalah jauh dengan kamea DSLR.

Untuk perangkat atau aplikasi foto editor juga semakin kessini semakin banyak dan mudah ditemukan baik yang berbayar ataupun gratisan. Jika kerepotan atau bahkan tidak bisa menggunakan editor foto seperti photoshop bisa beralih dengan menggunakan aplikasi edit foto, yang memungkinkan kita bisa dengan mudah utak atik foto sesuai keinginan sendiri.

Berikut ini adalah bebeapa aplikasi foto editor untuk ponsel khususnya yang menggunkan sistem operasi android yang tetap bertahan dan banyak dipakai tentu saja dengan fitur-fiturnya yang sudah di perbaharui.

Airbrush


Airbrush juga salah satu aplikasi yang cocok untuk mengedit hasil foto selfie. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa menghapus jerawat, memutihkan gigi, mencerahkan mata, merubah warna kulit, bahkan merubah bentuk tubuh menjadi lebih langsing.

Selain dilengkapi fitur HD editing-nya, AirBrush juga memungkinkan penggunanya untuk menambah efek dan tune foto dengan sentuhan artistik, indah dan juga terkesan dramatis. Pengguna juga bisa menemui efek blur atau bokeh yang membuat hasil foto edit layaknya diambil menggunakan kamera DSLR.

Cymera


Aplikasi ini lebih banyak di download oleh pengguna wanita, karena memang dari sebagian besar fitur-fitur di aplikasi Cymera berhubungan dengan make up dan mempercantik wajah. Beberapa fitur yang ada di aplikasi ini di antaranya filter, crop, instafit, efek blur, efek cermin dan dan make up. Ada juga fitur face filter yang berguna untuk menghilangkan jerawat dan noda.

Tidak ketinggalan, aplikasi ini juga dilengkapi stiker AR (augmented reality) untuk mendukung pengguna menghasilkan foto yang kreatif. Karena kepopuleran aplikasi ini di kalangan pengguna smartphone, membuat aplikasi Cymera telah mencapai jumlah unduhan sebesar 320 juta baik diperangkat iOS maupun Android.

Pixlr


Pixlr merupakan salah satu aplikasi keluaran dari perusahaan Autodesk Inc. dengan jumlah unduhan di Play Store yang sudah mencapai lebih 50 juta, menjadikan Pixlr salah satu aplikasi edit foto populer yang memiliki banyak pengguna tidak hanya di Indonesia tapi juga di luar negeri

Tampilan aplikasi yang terkesan simpel dan elegan menjadi daya tarik sendiri serta mempermudah para pemula yang ingin menguasai kemampuan edit foto di smartphone. Selain itu di dalam aplikasinya sendiri Pixlr juga menawarkan lebih dari 2 juta kombinasi efek yang dapat digunakan penggunanya secara mudah dan pastinya gratis.

Sama seperti aplikasi lainnya, ketika selesai meng-edit selain dapat menyimpan langsung di perangkat pengguna juga bisa langsung membagikan hasil foto langsung ke Instagram, Facebook, Twitter, maupun media sosial lainnya. Saat ini pixlr sudah mngeluarkan foto editor tebarunya Pixlr-X yang gratis bisa digunakan secara online ataupun mobile.

Photoshop Express


Seperti kita ketahui, foto editor keluaran perusahaan Adobe ini banyak digunakan oleh fotografer profesional Selain menyediakan perangkat desktop dan laptop, Adobe juga menghadirkan aplikasi unggulannya ini di perangkat smartphone.

Dengan tampilan aplikasi yang lebih ringkas dibandingkan versi desktopnya, Photoshop Express mampu meng-edit foto dan membuat kolase dari file foto yang ada di perangkat pengguna, Adobe Creative Cloud, Dropbox, Facebokk, maupun dari Google Photos.

Selain Photoshop Express, Adobe juga menghadirkan beberapa aplikasi photoshop lain di smartphone. Diantaranya seperti Photoshop Lightroom CC, Photoshop Mix, Photoshop Fix dan Photoshop Sketch yang tentunya menawarkan fitur-fitur yang berbeda satu sama lainnya.

Prisma


Aplikasi edit foto yang satu ini bisa membuat hasil foto menjadi terkesan artisitik dan seperti gaya hasil lukisan terkenal. Foto yang dihasilkan dari aplikasi ini sangat jauh berbeda dengan aplikasi edit foto yang pada umumnya. Dengan memanfaatkan teknologi artificial intelligence alias kecerdasan buatan, Prisma mampu mengidentifikasi dan mengubah foto seperti layaknya sebuah hasil lukisan.

Untuk efek-efeknya, di aplikasi Prisma sendiri tersedia berbagai puluhan efek menarik. Mulai dari efek bergaya lukisan pelukis terkenal seperti Picasso, Levitan, Munch, Salvador Dali hingga Van Gogh turut disediakan di aplikasi ini.

VSCO


Sama seperti Pixlr, aplikasi VSCO masuk kedalam jajaran aplikasi edit foto yang populer. Aplikasi ini dikembangkan dan dirilis oleh developer bernama Visual Supply Co. Tampilan interface nya tergolong sederhana, VSCO menyediakan berbagai peralatan untuk menunjang pengguna dalam meng-edit foto.

Filter yang disediakan oleh aplikasi juga cukup banyak dan beragam. Namun demikian, untuk mendapatkan lebih komplit filter yang ada di aplikasi VSCO, pengguna diharuskan melakukan pembelian via in-app purchase.

Berbeda dengan aplikasi edit foto lainnya, VSCO menyediakan salah satu fitur menarik yaitu Journal. Journal sendiri merupakan suatu wadah dimana pengguna aplikasi ini bisa membagikan hasil edit-an foto agar dapat dilihat oleh pengguna lainnya.

Foodie


Jika kamu sering mengambil foto ketika makanan dan minuman, aplikasi ini cocok untuk yang suka melakukan hal tersebut. Diluncurkan oleh perusahaan aplikasi chatting Line, Foodie mampu mempercantik hasil foto berbagai makanan dan minuman dihadapan kamu sebelum dibagikan ke media sosial.

Di aplikasi Foodie sendiri, tersedia berbagai Filter yang dapat mengoptimalkan hasil foto makanan atau minuman yang ingin kamu potret. Misalkan, ketika ingin memfoto es krim, roti, atau pizza, maka secara dengan otomatis filter di aplikasi akan menyesuaikan.

Buat yang ingin belajar fotografi makanan atau minuman, aplikasi Foodie cocok menjadi pilihan. Dengan ukuran aplikasi yang hanya sebesar 33MB, aplikasi edit foto ini dapat di-install di perangkat Android. Selain perangkat Android, aplikasi ini juga tersedia untuk pengguna iOS.

Snapseed


Merupakan aplikasi edit foto di smartphone dari Nik Software yang kini telah diakuisisi oleh perusahaan raksasa teknologi, yaitu Google. Dengan aplikasi ini, memungkinkan bagi kamu yang tergolong pemula dalam hal edit foto untuk menghasilkan foto layaknya edit-an profesional

Selain menghadirkan peralatan standar edit foto, aplikasi ini juga menyediakan 29 fitur dan filter, termasuk seperti healing, kuas, struktur, HDR, dan perspektif foto untuk setiap pengguna aplikasinya.

Beberapa kemampuan utama dari aplikasi ini diantaranya yaitu mengubah sudut gambar, menentukan posisi blur, dan juga menghilangkan noda. Tidak hanya itu, Snapseed juga mampu menjernihkan gambar yang buram menjadi lebih tajam dan berkualitas.

PicsArt


Terakhir adalah aplikasi yang sedang booming yaitu PicsArt. Dengan tagline-nya “Make Awesome Picture, PicsArt mampu membuat hasil jepretan foto di smartphone menjadi lebih bagus dan menarik. Bisa dibilang, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi edit foto yang serbaguna. Selain mampu mengedit, mengkolase dan menggambar pada foto, aplikasi ini ini juga memiliki beragam fitur efek, filter dan juga stiker yang dapat mengeksplorasi sisi kreativitas penggunanya.

Selain itu, hal menarik lainnya yaitu aplikasi ini memiliki komunitas sendiri. Layaknya Instagram, pengguna bisa membagikan hasil fotonya langsung di aplikasi PicsArt. Disini, pengguna juga bisa melihat hasil edit foto orang lain dan memberikan like ataupun komentar.