6 Tips Edit Foto Untuk Fotografi Travelers Dengan Ponsel

Mengabadikan moment atau tempat tertentu saat sedang perjalanan jauh atau wisata memang sangat mengasyikan. Selain bisa jadi bukti jejak perjalanan wisata, foto hasil jepretan itu juga bisa dicetak, dibuat album atau sekedar dishare di media sosial ke teman-teman Anda.

Tidak perlu peralatan fotografi canggih untuk menghasilkan foto yang bagus, hanya dengan kamera ponsel saja sudah bisa mendapatkan foto yang tidak kalah dengan para fotografer profesional asal tau dan bisa sedikit berkreasi dengan kamera ponsel.

Baca juga: Tips Sebelum Mengambil Foto Menggunakan Smartphone

Berikut ini adalah post-processing atau tips mudah untuk mengedit foto hasil perjalanan wisata agar nampak menarik untuk dilihat.

1. Gunakan Aplikasi Foto 

Untuk mengedit foto via ponsel tentu diperlukan software atau aplikasi photo editor. Ada banyak aplikasi foto editor untuk ponsel baik yang gratis maupun yang berbayar. Beberapa fitur didalamnya sudah cukup bagus untuk mengolah foto jadi lebih indah. Diantara beberapa aplikasi foto editor untuk ponsel yang direkomendasikan diantaranya:
  • Snapseed
  • VSCO
  • Photoshop Express
  • Aviary photo editor
  • PicsArt Photo Studio
  • Pixlr editor
2. Cropping/memotong foto

Alat potong atau crop tool sangat memungkinkan untuk mengubah ukuran foto juga mengubah aspek rasio misalnya dari bentuk persegi panjang ke bentuk persegi. Sangat disarankan untuk memotong bagian foto yang tidak penting atau mengganggu pemandangan foto.

6 Tips Edit Foto Untuk Fotografi Travelers Ponsel

3. Mengatur Kecerahan Foto

Foto hasil jepretan menggunakan ponsel kadang kala terlalu gelap atau bahkan terlalu terang. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengedit foto yang terlalu gelap atau terlalu terang. Diantaranya, perbaikan menggunakan brightness-contrast, curve, atau leveling.

Edit Foto Untuk Fotografi Travelers Ponsel

4. Menambahkan ketajaman foto

Ketajaman foto atau kejelasan setiap lekukan gambar akan membuat tampilan foto jadi lebih jelas. Untuk mengedit foto yang kurang jelas ini bisa dilakukan dengan sharpen atau alat penjelas foto. Namun jangan menambahkan terlalu tajam karena biasanya gambar akan terlihat seperti berlapis warna.

Edit Foto Untuk Fotografi Travelers

5. Shadows dan Highlights

Seringkali foto yang diambil terutama area pemandangan jarak jauh seperti sunset laut atau gunung pencahayaannya terlihat tidak seimbang. Shadows/highlight mempunyai fungsi untuk menerangi bagian gelap (shadow) dan mengurangi bagian yang terang (highlight) tersebut. Beberapa foto editor ponsel di atas sudah menyediakan alat ini, dan biasanya foto akan diperbaiki otomatis hanya dengan sekali sentuhan saja.

cara edit foto pemandangan

6. Tambahkan kontras dan warna

Menambahkan Kontras dan ketajaman warna akan membuat gambar menjadi lebih hidup. Ada dua komposisi dasar dalam fotografi yaitu kontras tona dan kontras warna. Sebuah foto dengan kontras tona rendah (gelap) bisa dicerahkan dengan menambahkan kontras warna ke dalamnya.  Gunakan tone warna ini untuk membuat foto jadi semakin menakjubkan.

edit foto liburan travel melalui ponsel

Itulah 6 dasar edit foto untuk travelers yang bisa dicoba, selain itu menggunakan varian efek juga sangat disarankan untuk menghasilkan foto dramatis, misalnya menerapkan efek vignette lomografi atau warna-warna artitistik vintage. Selamat mencoba!