Membuat Efek Dispersion atau Penyebaran Secara Online

Membuat Efek Dispersion atau Penyebaran Secara Online

Dispersion effect photo atau efek penyebaran pada bagian tertentu dari foto banyak dibuat terutama untuk memanipulasi foto. Biasanya efek ini diterapkan untuk membuat seolah-olah bagian foto menyebar tidak beraturan.

Banyak tutorial dispersion effect yang sudah dishare oleh master photoshop diinternet, dan tehniknya tidak begitu sulit bahkan bisa dibuat dengan menggunakan foto editor online seperti pixlr. Berikut ini adalah cara membuat efek dispersion secara online.

Langkah pertama, seperti biasa buka foto editor online, lalu unggah foto yang akan dibuat efek tersebut. Buat duplicate layer.

Membuat Efek Dispersion pada foto

Langkah kedua, bilah bagian gambar dengan "marquee tool", turunkan sedikit opacity gambar supaya memudahkan menggeser bagian foto yang sudah dibilah.

Membuat Efek Dispersion online

Langkah ketiga, terapkan atau "add layer mask" pada layer kedua. Setelah itu untuk memunculkan efek pecahan atau penyebarannya gunakan "brush tool" dengan efek canvas "Splatter". Klik brush - MORE - pilih Splatter - Add.

Membuat Efek splatter  Online

Langkah keempat. Pilih efek splatter yang sudah di add tadi, lalu arahkan brush kebagian foto layer satu, maka gambar akan terlihat seperti pecah atau sobek.

foto manipulasi splatter

Langkah kelima. Untuk menambahkan efek penyebaran lakukan langkah 2 sampai 4 diatas. Hanya saja ketika menggeser gambar adalah kebalikannya.

Efek Dispersion Online

Langkah 6. Lakukan brush sesuai pilihab bagian gambar yang akan disebarkan. Pilih splatter brush yang sesuai dengan posisi gambar.

Membuat Efek Dispersion atau Penyebaran Secara Online

Langkah terakhir. Rapihkan bagian-bagian gambar dengan brush dan erase tool secara hati, jika nampak sudah rapih satukan semua layer. (platten image) dan save hasilnya.

Untuk lebih jelasnya lagi bisa dilihat melalui video tutorialnya berikut ini: