Membuat Efek Double Exposure Dengan Editor Online

Membuat Efek Double Exposure Dengan Editor Online

Istilah double exposure sudah tidak asing lagi didunia fotografi. Teknik ini adalah menggabungkan secara overlay melalui kamera atau bantuan software foto editor seperti Photoshop dan sejenisnya. Untuk membuatnya secara langsung melalui kamera digital, tentu saja kamera harus sudah mendukung atai dilengkapi fasilitas/feature multiple exposure minimal 2 sampai 10 frame yang bisa digunakan untuk menumpuk foto yang akan diambil.

Sementara double exposure hasil olahan software foto editor sebagian besar dibuat dengan gaya manipulasi sehingga nampak unik dan menarik. Walaupun saat ini beberapa aplikasi foto editor smartphone juga banyak yang menyediakan efek double exposure secara instan, namun harus benar-benar tepat memilih gambar karena tidak semua foto hasilnya bagus jika digabungkan melalui teknik ini.

Untuk membuat double exposure melalui foto editor online, siapkan 2 gambar atau lebih yang akan digabungkan seperti contoh gambar berikut:

Membuat Double Exposure Dengan 2 Foto Berbeda

Langkah pertama: Buka foto editor online, buat backround atau gambar baru dengan ukuran besar minimal 800x600 px atau sesuaikan dengan ukuran foto yang akan diedit, setelah itu unggah foto pertama.

Edit Foto Double Exposure Online

Langkah kedua: Sesuaikan posisi gambar pertama dengan backround, bisa merubah ukuran, letak dan sebagainya dengan menu edit - free transfrom, setelah itu hapus bagian gambar yang tidak diinginkan dengan menu penghapus "want tool" atau jika ingin lebih rapih gunakan "lasso tool"

Cara buat Efek Double Exposure

Langkah ketiga: Upload foto kedua, sesuaikan dengan objek foto pertama - untuk memudahkannya kuranggi terlebih dahulu opacity gambar supaya bisa melihat bagian mana yang akan digabungkan dengan foto pertama.

Pixlr Double Exposure Tutorial

Langkah keempat: Untuk menggabungkan gambar pertama dengan kedua, pertama bilah terlebih dahulu bagian foto (layer satu) dengan wand tool atau lasso tool. Lalu gunakan layer mask untuk memunculkan otomatis gambar pada layer 2.

Efek Double Exposure

Langkah kelima: Selanjutnya rubah model layer 2 dari normal - screen lalu rapihkan bagian-bagian gambar dengan tool brush dan erase untuk memilih bagian-bagian mana yang akan dimunculkan dan dihapus.

Membuat foto manipulasi Double Exposure

Langkah keenam: setelah gambar menyatu dengan rapih, satukan semua gambar, apply terlebih dahulu layer mask lalu satukan, klik layer - merge down atau platten image.

Membuat Efek Double Exposure Online

Langkah terakhir. Untuk membuat gambar lebih bagus bisa menambahkan efek atau mengatur warna, pencahayaan gambar. Gunakan tool adjustment - curve - atur/pilih efek warna yang akan diterapkan pada gambar dan save hasilnya.

Cara diatas adalah langkah mudah membuat double exposure dengan foto editor online. Kamu bisa mengkreasikannya sesuai ide sendiri, dan untuk memudahkan cara pembuatannya sebaiknya toto yang akan digabungkan memiliki latar belakang yang simple atau satu warna juga memiliki tingkat kontras yang cukup tinggi. Jadi ada area yang terang dan yang gelap yang akan memudahkan terjadinya transisi/blending antara foto yang akan digabungkan. Selamat mencoba!