Prisma Aplikasi Foto Editor Untuk Smartphone

Prisma Aplikasi Foto Editor Untuk Smartphone

Merubah foto jadi lukisan mirip oil painting sekarang semakin mudah meski hanya dengan memakai smartphone. Salah satu foto editor mobile yang baru-baru ini banyak diminati adalah Prisma Editor. Diluncurkan pada bulan Juni 2016, foto editor mobile ini sukses menarik perhatian para pecinta fotografi khususnya pengguna smartphone iOS dan Android.

Menawarkan filter atau efek convert lukisan otomatis, Prisma memang memiliki hasil editan yang cukup baik, meskipun beberapa aplikasi foto editor mobile lama seperti aplikasi PicsArt, Alter, Dreamscope atau Photolab juga menyediakan fitur serupa yaitu mengkonversi foto secara otomatis menjadi mirip lukisan.
Baca juga: 18 Aplikasi Foto Editor Untuk Ponsel Android
Aplikasi Prisma editor ini memiliki user interface yang simpel sehingga mudah digunakan oleh siapa saja. Pengguna iOS atau android hanya cukup memotret atau memasukkan foto yang akan diubah. Lalu pilih filter yang akan diinginkan (tersedia 36 efek), dalam hitungan detik, foto tersebut akan menjadi gambar yang mirip lukisan. Setiap menu filter akan mengubah foto menjadi sketsa pensil, lukisan realis, atau lukisan-lukisan dengan gaya yang beragam.

Berikut ini beberapa tips singkat menggunakan Prisma editor untuk menghasilkan foto yang bagus:
  • Jangan memakai kamera internal Prisma karena kamera bawaan tidak memiliki mode HDR, night mode, koreksi white balance atau mode manual. Satu-satunya fitur pada aplikasi tersebut adalah menyalakan atau mematikan flash. Ambil foto dengan kamera bawaan smartphine, baru foto tersebut dibuka melalui aplikasi Prisma. 
  • Atur atau edit intensitas filter untuk menemukan komposisi yang sesuai. Prisma secara default memasang filter pada intensitas 100 persen. Tapi ini tidak mutlak. kita bisa mengusap layar ke arah kiri atau kanan, untuk menaik-turunkan intensitas tersebut dan mencari warna yang tepat.
  • Prisma secara otomatis memasang watermark pada pojok kanan bawah foto untuk menghapusnya buka aplikasi Prisma, pilihlah ikon roda gigi yang ada di sisi kanan - setelah masuk ke menu pengaturan ada tulisan “Add watermark” yang bisa dipilih. Cukup geser knob slider untuk mengaktifkan atau menon-aktifkan watermark tersebut. 
  • Jangan lupa untuk menyalakan fitur auto-save yang juga terdapat di dalam menu pengaturan. Dengan cara ini setiap filter yang selesai diaplikasikan ke foto akan langsung disimpan, dan bisa memproses foto dengan beberapa filter sekaligus. Setelah itu silahkan simpan gambar di Photos atau bagikan langsung ke Facebook atau Instagram dengan tombol yang tersedia.
Aplikasi Foto Editor Prisma

Download aplikasi foto editor Prisma: iOS | Android

Aplikasi ini akan terus dikembangkan ke tingkat yang lebih jauh lagi. Aplikasi Prisma tersebut dikatakan bakal mengalami sejumlah penambahan sistem editing video, sehingga bakal memungkinkan untuk membuat video animasi singkat. pemrosesan video tersebut bakal dirancang sedemikian rupa untuk dapat menghadirkan efek serupa seperti pada proses editing foto. Video yang tadinya biasa bakal dirubah menjadi tampilan layaknya sebuah karya seni lukis yang bergerak.