Tips Edit Foto Makanan Dengan Foto Editor Online

Tips Edit Foto Makanan Dengan Foto Editor Online

Fotografi makanan atau food photography sudah jadi komunitas tersendiri khususnya bagi foodie atau para pecinta kuliner yang gemar mencicipi makanan di berbagai tempat. Apalagi dengan adanya smartphone, mengambil foto makanan setiap kali makan di rumah atau di restoran, kemudian mengunggahnya ke akun media sosial pribadi adalah gaya hidup masyarakat modern saat ini.

Dalam dunia fotografi, masalah penempatan objek yang akan dipotret atau komposisi merupakan hal yang penting. Dengan menentukan komposisi objek yang pas, kamu akan mendapatkan hasil foto makanan yang lebih artistik dan tidak monoton. Tapi jika hasil foto kurang bagus, bisa diedit kembali dengan software editor seperti photoshop atau dengan foto editor online.

Berikut ini adalah tips atau cara mudah mengedit foto makanan dengan foto editor online yang bisa dicoba untuk membuat foto makanan tampak jadi lebih menarik.

Potong/crop objek foto

Objek-objek pendukung makanan seperti piring, sendok-garpu, dan sebagainya berperan dalam menentukan bagus atau tidaknya sebuah foto makanan. Dan jika tampak kelihatan tidak bagus makan bisa dipotong dengan "Crop tool (C)".

Edit Foto Makanan Online

Fokuskan Objek Foto

Jika menggunakan kamera DSLR memotret objek foto bisa dengan mudah memakai Depth Of Field (DOF) untuk menghasilkan foto yang bagus. Pada kamera ponsel juga sudah bisa dengan fitur auto fokus, namun tentu saja kamera ponsel pintar memiliki keterbatasan atau sulit mengatur bagian aferture untuk menghasilkan focus distance. Dengan sedikit editan melalui foto editor online, bisa dengan mudah memfokuskan objek foto. Contoh mudah bisa dibaca disini dan juga artikel ini.

Edit Foto Makanan Dengan Editor Online

Atur Pencahayaan Gambar

Jika foto yang dihasilkan tampak buram atau kurang jelas, edit pada bagian pencahayaannya. Pada foo editor online bisa dengan mudah menggunakan tool Auto levels, dan jika ingin manual juga caranya sangat mudah, bisa dilihat pada artikel disini.

Edit Foto Makanan Editor Online

Tambahkan Ketajaman Gambar dan Warna

Dengan memperjelas tekstur atau menambahkan ketajaman foto. dimensi gambar akan lebih terlihat dan akan membuat makanan terlihat seperti aslinya. Pada foto editor online, bisa dengan cara menggunakan tool "Filter - Unsharp mask". Sedangkan untuk menambahkan ketebalan warna, bisa dengan "Hue & Saturation" atau dengan tool "Color Vibrance" agar warna makanan lebih menyala.

edit foto makanan dengan cara online

Itulah beberapa tips singkat edit foto makanan dengan foto editor online yang mudah dipraktikan. Selain itu sebelum memotret makanan ada baiknya memperhatikan beberapa hal seperti komposisi rule of thirds, di mana objek utama foto diposisikan pada 1/3 bagian dalam foto. Ambil foto dari berbagai angle, jangan menggunakan flash agar warna makanan tetap natural, dan perhatikan juga proferti pendukung agar foto makanan jadi lebih bagus. Happy food blogger!