Tool Dasar Untuk mengedit Foto Wajah (Photo Retouching)

Mengedit foto wajah (Self Portrait ) kadang diperlukan untuk berbagai keperluan misalnya, foto untuk profile sosial media atau untuk ID card seperti KTP, Passport dan lain sebagainya. Foto koleksi pribadi yang akan dicetak juga kadang kita memerlukan sedikit editan supaya hasilnya terlihat lebih bagus dan rapih.

Untuk memiliki foto dengan kualitas bagus, tentu saja harus menghasilkan foto dengan kualitas bagus juga, foto yang terlalu kecil ukurannya kadang sulit untuk diedit atau diperbaiki. Jadi sebelum melakukan retouching pastikan kualitas foto yang dihasilkan cukup baik.

Baca juga: Cara Membuat Efek Glamour Glow Pada Foto

Berikut ini adalah beberapa tool dasar untuk mengedit foto wajah dengan foto editor online.

1. Spot Heal tool - untuk membersihkan noda pada wajah

Ketika mempunyai foto dengan kualitas bagus dan ingin di edit, hal pertama yang bisa kita lakukan adalah untuk membersihkan ketidaksempurnaan pada bagian wajah. Untuk foto pribadi (self potrait) beberapa ketidaksempurnaan yang paling umum biasanya bekas luka, noda jewarat, pembuluh darah di mata, bintik-bintik hitam, atau kemerahan. Salah sau alat berguna pada foto editor online untuk membersihkan noda ini adalah dengan alat Spot Heal Tool.


2. Burn dan Dodge tool - untuk memperindah dan mempercantik mata.

Alat dasar dan penting berikutnya yang bisa digunakan membuat area wajah contohnya mata agar terliha benar-benar cantik dan menonjol dari foto adalah dengan burn & dodgle tool. Ini bisa membersihkan kulit / membuat putih, mencerahkan iris, menggelapkan bulu mata, eyeliner, mencerahkan bagian alis pada mata. Penggunaan alat ini disesuaikan dengan make-up wajah yang biasa dilakukan pada umumnya oleh wanita.


3. Filter dan Gaussian Blur - Untuk menghaluskan seluruh bagian foto

Noise filter dan Gaussian blur sangat berguna unuk memuluskan kulit sehingga foto tampak lebih smooth. Gunakan alat ini dengan secukupnya, tidak berlebihan sehingga membuat kulit terlihat seperti ditempel.


4. Whiten teeth - untuk membuat gigi lebih putih

Gigi putih bisa membuat senyum terlihat hidup. Sebagian besar potret yang dihasilkan tidak bisa menangkap area gigi dengan sempurna, kita bisa menggunakan hue / saturation dengan memblock bagian pada gigi aau dengan tool "brighten" pada express editor.


5. Curves layer mask & levels - untuk koreksi warna pada foto

Editan terakhir yang juga tidak kalah penting ketika retouch foto wajah adalah mengoreksi warna. Ini akan sangat membantu memperbaiki foto kusam atau memudar. Gunakan lapisan kurva masker atau layer mask untuk mengedit bagian tertentu atau semuanya. Layer mask juga bisa dipakai untuk make up warna bibir dengan menambahkan warna yang kita inginkan.


Itulah beberapa tool dasar dan penting yang bisa dipakai untuk mengedit foto wajah atau self portrait  menjadi lebih bagus dan cantik!.