Membuat Watermark Pada Foto Dengan Foto Editor

Membuat watermark kadang kala diperlukan untuk kepentingan tertentu misalnya keperluan promosi brand atau produk. Watermark pada foto digital bisa berupa tulisan atau logo yang disematkan dipojok kanan, kiri ataupun di tengah, tujuannya tidak lain untuk menunjukkan identitas yang menciptakan foto tersebut.

Watermark foto bisa juga dijadikan hiasan atau efek tambahan, namun bisa sangat mengganggu keindahan foto tersebut jika penempatannya tidak sesuai porsi atau terlalu mencolok. Pada artikel sebelumnya sudah dibahasa tentang cara membuat watermark foto secara online (silahkan lihat disini), dan kali ini membuat watermak sendiri menggunakan foto editor online.

Membuat watermak cukup mudah dan cepat, langkah pertama upload foto akan diberi watermark ke editor online - buat layer baru "new layer"

Membuat Watermak Sendiri Pada Foto Dengan Foto Editor

Pada layer baru, klik "drawing tool" pada tool editing, lalu drag atau tempatkan krusor dipojok kanan seperti berikut. (penempatan bisa disesuaikan dengan selera sendiri)

watermark photo

Rubah warna background pada layer drawing melalui "set main color" dipojok kiri bawah tool editing, gunakan "paint bucket tool" untuk merubah warnanya. (warna backround sesuaikan dengan foto utama)

memberi watermark dalam foto

Setelah merubah warna lanjutkan untuk membuat backround transparent atau tampak menembus pada foto, caranya rubah layer ke mode "overlay" dengan opacity diturunkan 50 - 70%.

buat watermark pada foto

Lanjutkan dengan memberikan keterangan pada untuk foto melalui "Type tool", silahkan tulis keterangan foto sesuai gaya sendiri, atur jenis, ukuran, dan warna font pada dialog box type tool.

Cara membuat watermark photo

Penulisan keterangan pada watermark bisa menyertakan nama foto, nama pembuat, tanggal dibuat atau nama website tempat penyimpanan foto dan lain-lain.  Contoh paling umum "© 2015 All Rights Reserved". Jika sudah selesai satukan seluruh layer klik "layer" - "platten image" dan save hasilnya.

Membuat Watermak Pada Foto

Gaya pembuatan watermark bisa disesuaikan dengan selera sendiri, bisa memakai logo gambar, langsung dengan tulisan, bentuk watermark horizontal, vertical atau lainnya. Cara pembuatannya tidak akan jauh berbeda dengan cara di atas. Selamat mencoba!