Cara Mudah Mengetahui Foto Asli atau Palsu (Editan)

Cara Mudah Mengetahui Foto Asli atau Palsu (Editan)

Mengedit foto memang sah-sah saja kalau itu punya sendiri dan akan digunakan untuk keperluan pribadi juga. Lain halnya kalau mengedit foto orang lain atau memanipulasi foto tertentu untuk kepentingan yang sifatnya mengelabui atau untuk menipu, jelas sangat merugikan.

Jika ada sebuah foto di internet yang menarik perhatian orang banyak misalnya foto unik, lucu, foto penampakan hantu,UFO, foto selebritis, atau foto-foto yang yang dishare di jejaring sosial facebook atau twitter lalu jadi bahan pembicaraan, kadang-kadang kita ingin juga mengetahui apakah foto tersebut asli atau cuma editan saja alias palsu. Nah sebelum menelusurinya lebih lanjut, ada baiknya kita mengetahui dulu tipe foto yang akan ditelisik leih jauh, setidaknya ada tiga tipe foto yang sering beredar di media internet, diantaranya :
  1. Foto asli yaitu foto yang benar-benar hasil jepretan langsung dari kamera pocket /kamera digital atau kamera handphone. 
  2. Foto asli namun sudah di edit, dalam artian objek yang ada pada gambar masih asli namun mungkin sudah di crop /dipotong beberapa bagian sehingga ukurannya berbeda dengan foto aslinya.
  3. Foto palsu atau photoshopping yaitu foto hasil modifikasi/manipulasi dengan menggunakan software pengolah grafis seperti adobe photoshop, paintshop, corel atau image editor lainnya.
Untuk mengetahuinya cukup mudah, yaitu dengan melihat properties foto tersebut. Caranya sederhana saja silahkan buka windows explorer - cari file foto - klik kanan pada foto - pilih "Properties" - Advance - maka keterangan gambar akan terbuka seperti contoh berikut:

Cara Mengetahui Foto Asli atau Palsu

Foto diatas, dipastikan keasliannya menggunaka kamera Canon EOS 7D dengan beberapa keterangan seperti yang tercatum pada atribut properties foto tersebut pada windows explorer.

Untuk lebih detail lagi mengetahui apakah foto sudah mengalami perubahan, bisa menggunakan software gratis bernama JPEGsnoop. Dengan tool ini, akan mudah sekali mendeteksi foto yang sudah mengalami perubahan atau di edit (tipe no 2), bahkan bisa mengetahui sebuah foto palsu atau hasil olahan image editor seperti tipe no 3 di atas.

Contoh foto diatas ketika menggunakan jpegsnoop hasilnya seperti ini:

software untuk cek foto asli atau palsu

Hasil identifikasi jpegsnoop memberikan keterangan bahwa foto tersebut masuk dalam kategori Class 1 - Image is processed/edited. Ini artinya foto sudah mengalami perubahan atau sudah diedit ukurannya alias tidak sesuai dengan ukuran aslinya. Pada tool jpegsnoop gambar di identifikasi jadi 4 tipe diantaranya :

Class 1 - Image is processed/edited (sudah diedit)
Class 2 - Image has high probability of being processed/edited (Photoshoping)
Class 3 - Image has high probability of being original (Asli)
Class 4 - Uncertain if processed or original (Diragukan/palsu)

Silahkan download JPEGsnoop disitus resminya disini: impulseadventure.com/photo/jpeg-snoop