Tool Pixlr Editor untuk Mengatur Pencahayaan dan Warna Foto

Tool Pixlr Editor untuk Mengatur Pencahayaan dan Warna Foto

Pixlr Editor merupakan salah satu aplikasi editor foto online yang paling banyak digunakan oleh para pengguna inernet karena memiliki beberapa fitur cukup lengkap hampir seperti photoshop. Semua tutorial dan tips dari Blog editfotoline ini juga menggunakan layanan pixlr editor yang bisa digunakan gratis langsung melalui komputer, tablet atau smartphone.

Salah satu cara untuk membuat foto jadi lebih menarik adalah dengan mengatur pencahayaan dari foto supaya tidak terlihat kusam, gelap dan terlihat jadi lebih baik. Setidaknya ada 5 tool utama yang sering saya pakai untuk mengedit foto secara online supaya visualnya tampak lebih cerah.

1. Exposure

 Pixlr Editor untuk Mengatur Pencahayaan dan Warna Foto

Tool exposure ini gunanya untuk mengatur banyak/sedikitnya jumlah cahaya yang dihasilkan dalam sebuah foto. Kita bisa menyesuaikan exposure sebuah foto sesuai keinginan dari value 0 (gelap) - 50 (sangat terang)

2. Levels

Pixlr Editor Pencahayaan dan Warna Foto

Salah satu cara untuk memperbaiki kesalahan exposure pada foto adalah dengan menggunakan fungsi level pada Pixlr. Pilih "adjusment" lalu klik "level" atau langsung dengan menekan Control + L dari keyboard makan akan muncul dialog box (histogram) levels yang dibagi 4 chanel pengaturan cahaya foto yaitu RGB, Red, Green dan Blue.

3. Color Balance

Tool Pixlr Editor

Tool ini bisa digunakan untuk mengubah keseluruhan warna pada foto. Jika foto terlalu biru dan ingin dirubah menjadi lebih cerah, maka bisa menambhakan balance warna merah atau membuat tampilan warna foto jadi lebih hidup dengan mengatur semua balance warna merah, hijau dan biru. Untuk menggunakannya pilih "Adjustment" lalu "Color Balance".

4. Hue & Saturation

Tool Pixlr Editor  Warna Foto

Hue & Saturation digunakan untuk mengganti warna pada keseluruhan foto.Gunakan tool ini melalui Adjustment - Hue/Saturation atau Control + U. Perubahan warna dapat diatur pada dialog box, Hue digunakan untuk melakukan pengaturan inti warna, Saturation untuk mengatur tebal tipisnya intensitas warna, dan Lightness digunakan untuk mengatur intensitas gelap-terang warna pada foto.

5. Auto Level dan Color Vibrance

Tool Pixlr Editor Foto

Gunakan tool "Auto level" untuk otomatis memperbaiki tampilan warna dan cahaya foto, dan "Color Vibrance" untuk menambah ketebalan warna pada foto. Kedua tool ini bisa langsung dikombinasikan setelah kita mengatur pencahayaan dan warna sehingga hasilnya bisa semakin lebih bagus.