Tips Sebelum Mulai Mengedit Foto

Tips Sebelum Mulai Mengedit Foto Mengedit foto adalah hal yang sangat menyenangkan, terutama bagi mereka yang bergelut dibidang ini. Teknik, skill serta kreatifitas dalam menjadikan sebuah foto yang biasa-biasa saja menjadi terlihat lebih menarik, itulah yang paling asik dari kegiatan ini.

Bagi kita (termasuk penulis pribadi) orang awam yang bukan ahli atau profesional dalam bidang ini, pasti juga menginginkan sebuah hasil editan yang baik. Sebelum memulai mengedit foto-foto tersebut, ada baiknya mengikuti beberapa tips singkat tentang edit foto berikut ini yang mungkin bermanfaat.

Foto asli (original) jangan diedit.

Jenis foto apapun yang sudah ada dan akan diedit/manipulasi, sebaiknya diduplikat atau disalin terlebih dahulu, jangan langsung mengedit foto asli tersebut. Foto bisa dicopy melalui komputer atau langsung melalui software editing foto seperti photoshop. Hal ini berguna jika kita membuat perubahan yang tidak sesuai atau gagal, dan jika sudah sesuai, foto asli masih utuh, bisa digunakan kembali untuk kebutuhan lainnya.

Jangan diedit terlalu berlebihan

Mengubah dan memanipulasi foto berlebihan akan membuatnya tampak tidak alami. Itu juga mungkin bisa menghilangkan seni atau daya tarik yang sudah dihasilkan dari visual foto tersebut. Edit foto sesuai kebutuhan yang sekiranya cukup menghasilkan foto yang menarik.

Cerahkan bagian foto yang terlihat kusam

Selama mengedit foto, lihat bagian mana dari foto tersebut yang terlihat kusam atau tua. Pilih menu warna lalu tingkatkan intensitasnya untuk membuat bagian foto yang kusam terlihat lebih cerah. Sesuaikan brightness atau pencahayaan dari foto, atau tajamkan bagian foto yang terlihat buram.

Buang bagian foto yang kurang menarik

Sering kali sebuah foto bisa memiliki subjek yang sangat menarik atau bahkan terlihat kosong di satu sisi lainnya. Amati dan perhatikan bagian ini selama mengedit foto, lalu buang bagian yang kurang menarik tersebut atau jika tidak ingin dibuang, bisa tambahkan subjek/elemen pada bagian tersebut. Keseimbangan subjek foto akan terlihat jika sudah dilakukan perubahan tersebut.

Cari ukuran paling pas untuk resolusi foto.

Jika semua tahapan editing foto selesai, biasakan menyimpan foto yang memiliki ukuran lebih kecil agar memiliki resolusi yang pas dan terlihat tajam. Untuk foto yang akan di cetak atau diterapkan dalam seuah brosur misalnya, pastikan resolusinya tidak lebih dari 300 pixels / inci. Dan jika foto akan digunakan untuk keperluan online, 75 pixels /inci adalah ukuran standar seperti yang banyak dipakai di website-website fotografi.

Itulah beberapa hal penting sebelum memulai mengedit sebuah foto. Selamat mencoba!